Kamis, 20 Mei 2010

BAHASA INDONESIA 2 (TUGAS 11)

Persiapan Menjelang UTS


Ujian tengah semester dan final dapat memberatkan pikiran dan tubuh anda, terutama jika anda memiliki dua tes dijadwalkan dalam satu hari. Sayangnya, jadwal tes biasanya di luar kendali anda, sehingga anda akan berakhir dengan ujian back-to-back di beberapa titik.


Tes back-to-back menyebabkan stres karena beberapa alasan. Pertama, kebiasaan studi normal anda terganggu karena anda tidak bisa mencurahkan semua usaha studi anda ke salah satu mata pelajaran tertentu seperti biasa. Sebaliknya, anda dipaksa untuk membagi waktu belajar anda di pertengahan.


Faktor lain yang meningkatkan tekanan pada dua hari uji adalah tol fisik yang waktu tes diperpanjang akan mengambil pikiran dan tubuh anda. Sangat penting mempersiapkan lebih dulu untuk mengurangi efek stres.


Hal-hal yang perlu diperhatikan


Tidur dan gizi merupakan faktor penting dalam menjaga pikiran anda dan waspada tubuh. Hindari hal-hal seperti junk food, rokok, dan kafein pada hari-hari sebelum ujian. Hal ini dapat menguras fisik stamina anda. Anda akan membutuhkannya!


Pelajari beberapa pernapasan dan meditasi latihan dalam minggu-minggu atau hari-hari menjelang ujian. Ini baik untuk menghilangkan stres. Latihan teknik sehingga anda akan siap untuk menenangkan pikiran anda sebelum tes.


Latih tangan anda! Mungkin kedengaran sepele sekarang, namun jika tangan anda mulai terasa kaku selama ujian pertama dari menulis. Anda bisa mengalami kesulitan untuk ujian kedua. Praktik menulis dalam sebuah buku catatan dalam beberapa minggu sebelum ujian tengah semester atau babak final.


Bawa makanan kecil di tas anda untuk menunggu waktu ujian. Tidak terlalu berat, meskipun. Terlalu banyak makanan yang dapat membuat Anda mengantuk.


Siapkan semua alat ujian anda dimalam sebelumnya. Sertakan ekstra pensil dan pena.


Untuk melakukan ujian dengan baik, mula-mula anda harus mempelajari dan melakukan review materi sebelum ujian. Berikut adalah beberapa teknik untuk memahami materi ujian dengan lebih baik :


Belajar – Pasca Belajar :

Review catatanmu segera setelah kelas,

Review catatanmu dengan singkat sebelum masuk kelas kembali,

Jadwalkan waktu yang agak lama untuk review catatan tersebut setiap minggunya.


Review :

Atur catatan, teks dan tugas-tugasmu.

Perkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan review.

Buatlah jadwal review yang terdiri dari waktu dan bahan materi.

Ujilah dirimu sendiri dengan materi tersebut.

Selesaikan belajarmu sehari sebelum ujian dimulai.


Sumber :

http://homeworktips.about.com/od/schooltests/a/midterms.htm (Fleming Grace)

http://www.studygs.net/indon/tstprp1.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar