Rabu, 31 Maret 2010

BAHASA INDONESIA 2 (TUGAS 06)

MANFAAT PI


Penulisan Ilmiah atau biasa disebut PI merupakan karya tulis yang disusun oleh seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan kurang lebih 100 SKS dengan dibimbing oleh Dosen Pembimbing yang telah ditentukan. Di kampus saya Universitas Gunadarma, mahasiswa Strata Satu wajib mengambil PI pada semester 6. Masa bimbingan secara regular selama 8 minggu berturut-turut. Persetujuan pembimbing terhadap tulisan ilmiah seorang mahasiswa ditandai dengan diberikannya surat persetujuan sidang. PI merupakan salah satu persyaratan untuk mencapai gelar setara Sarjana Muda.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari Penulisan Ilmiah :


Melatih berpikir tertib dan teratur karena menulis ilmiah harus mengikuti tata cara penulisan yang sudah ditentukan prosedur tertentu, metode dan teknik, aturan / kaidah standar, disajikan teratur, runtun dan tertib.


Menulis ilmiah memerlukan literatur, buku-buku ilmiah, kamus, ensiklopedia yang disusun tertib.


Oleh sebab pada hakikatnya sebuah karangan ilmiah ialah laporan tentang kebenaran yand diperoleh dari hasil penelitian di lapangan.


Karena dalam karya ilmiah ada organ yang disebut bab pembahasan yang berfungsi menganalisis, memecahkan dan menjawab setiap permasalahan sampai tuntas hingga ditemukannya jawaban berupa karya ilmiah.


Karena dalam karya ilmiah ada organ yang disebut bab landasan teori atau kerangka teoritis yang berfungsi memaparkan teori-teori para ahli seta mengomentari atau mengkritiknya untuk mendukung dan memperkuat argumen penulis.


Bahasa komunikatif ilmiah memiliki syarat : 1) harus jelas = harus bermakna tunggal tidak boleh ambigu, 2) penempatan gatra (unsur fungsional dalam kalimat) harus lengkap dan dan tepat, 3) diksi atau pilihan kata harus tepat.


Menulis ilmiah tidak hanya berguna bagi penulis tetapi juga sebagai bahan referensi ilmiah dan sumbangan pengetahuan bagi para pembaca tentang apa yang penulis sumbangkan melalui karya ilmiah tersebut.


Sebagai tuntutan akademik, bagi para akademisi yang ingin berpetualang terus dalam dunia pengetahuan dan pendidikan. Dengan hasil karya tulis, penulis dilatih secara khusus untuk terbiasa menulis atau mengolah sesuatu yang menjadi obyek tulisan ilmiah sehingga dapat mempermudah manakala melanjutkan studi-studi ilmiah di pelbagai PT dan uncuk mencapai gelar-gelar ilmiah lainnya.


Sumber :


http://id.shvoong.com/humanities/1914052-manfaat-menulis-ilmiah/


http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081106034917AAxBY3i


Tidak ada komentar:

Posting Komentar