Rabu, 31 Maret 2010

BAHASA INDONESIA 2 (TUGAS 09)

RENCANA PI KU


Penulisan Ilmiah atau biasa disebut PI merupakan karya tulis yang disusun oleh seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan kurang lebih 100 SKS dengan dibimbing oleh Dosen Pembimbing yang telah ditentukan. Di kampus saya Universitas Gunadarma, mahasiswa Strata Satu wajib mengambil PI pada semester 6. Masa bimbingan secara regular selama 8 minggu berturut-turut. Persetujuan pembimbing terhadap tulisan ilmiah seorang mahasiswa ditandai dengan diberikannya surat persetujuan sidang. PI merupakan salah satu persyaratan untuk mencapai gelar setara Sarjana Muda.

Tujuan lain dalam PI ini yaitu melatih mahasiswa agar dapat berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas suatu permasalahan serta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur.


Isi dari PI diharapkan memenuhi aspek-aspek dibawah ini :

1. Relevan dengan jurusan dari mahasiswa yang bersangkutan

2. Mempunyai pokok permasalahan yang jelas

3. Masalah dibatasi


Saat ini saya sedang berusaha untuk mebuat PI dengan tema “Brand Loyalty”, yang mana judul yang nantinya akan saya ambil yaitu “Mengukur Loyalitas Konsumen terhadap Produk X”.


Latar belakang pemilihan tema :

Keberhasilan suatu merek untuk jangka panjang tidak didasarkan pada banyaknya konsumen yang melakukan pembelian sekali saja terhadap merek itu. Sebaliknya, merek dapat dikatakan berhasil bila memiliki konsumen yang setia, yang membeli atau menggunakan merek tersebut secara berulang. Loyalitas atau kesetiaan menunjukkan probabilitas seorang konsumen untuk membeli atau memakai produk atau merek secara berulang dalam periode waktu tertentu. Bagi perusahaan, memiliki pelanggan yang loyal atau setia terhadap merek yang dipasarkan merupakan sasaran yang ingin dicapai dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perusahaan akan berusaha menggunakan berbagai strategi yang bisa mempertahankan pelanggannya agar tidak berpindah ke merek lain. Perilaku loyalitas konsumen terhadap merek mungkin berbeda pada kategori produk, misalnya rokok, belum tentu loyal di kategori produk yang lain, misalnya sabun, shampoo, detergen dan produk konsumen yang lain. Sehubungan dengan loyalitas pelanggan, perusahaan perlu mengetahui apakah pelanggan memiliki loyalitsas merek dalam kategori produk yang dipasarkannya.


Jika konsumen bersikap positif terhadap suatu merek, maka konsumen tersebut akan loyal terhadap merek yang disikapi itu. Sehubungan dengan masalah tersebut, saya dituntut untuk membuktikan hipotesis ini dengan meneliti sikap dan loyalitas sekaligus, kemudian mencari korelsai antara kedua variable. Saya berharap PI ini akan selsesai tepat pada waktunya nanti, Amien.


Sumber :


Petunjuk PI oleh Team Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Maret 2005.


Simamora Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Istijanto, M.M, M.Com. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar