Rabu, 30 Desember 2009

KLASIFIKASI GEODEMOGRAFIS DAN MANFAATNYA BAGI PEMASAR

Sasaran Komunikasi Pemasaran Geodemografis


Pentingnya Melakukan Penentuan Sasaran kepada Kelompok Konsumen Usaha targeting dan micromarketing memungkinkan komunikator pemasaran menyampaikan pesan mereka secara lebih tepat dan mencegah terjadinya kesia-siaan dalam penyampaian pesan kepada orang-orang di luar target pasar mereka. Usaha segmentasi pasar yang berarti dan menguntungkan umumnya membutuhkan anggota segmen yang memiliki karakteristik demografis dan gaya hidup yang serupa. Sehingga, penyeleksian segmen sasaran adalah langkah pertama yang penting menuju komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien. Terdapat tiga karakteristik konsumen yang secara independen atau bersama-sama mempengaruhi konsumsi seseorang dan bagaimana mereka merespon komunikasi pemasaran, yaitu: karakteristik demografi, psikografi, dan geodemografi.


Variabel demografi terdiri dari karakteristik seperti usia, penghasilan, dan etnis. Dengan memantau perubahan demografis, para pemasar dapat secara lebih baik: (1) mengidentifikasi dan memilih segmen pasar, (2) meramalkan penjualan produk, dan (3) memilih media untuk meraih target pelanggannya.


Aspek gaya hidup konsumen yaitu aktivitas, ketertarikan, dan pendapat mereka mencerminkan karakteristik psikografi konsumen. Pola pembelian seringkali lebih dipengaruhi oleh gaya hidup kita dibandingkan latar belakang demografis kita.


Geodemografi merupakan sebuah kombinasi dari karakteristik demografis dan gaya hidup konsumen dalam kelompok (cluster) geografis.


Di dalam tulisan ini, yang akan saya bahas hanya Geodemografis.


Penetapan sasaran berdasarkan Geodemografis:


Dasar pemikiran yang menjadi landasan geodemographic targeting adalah bahwa orang-orang yang menetap di daerah atau area yang sama, misalnya bertetangga atau dalam satu kawasan kode area, juga memiliki persamaan dalam demografi dan gaya hidup. Sehingga, dengan mengetahui di mana orang-orang menetap, pemasar dapat memperoleh informasi mengenai marketplace behavior mereka secara umum.


Sumber:


MODUL IV SASARAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

http://74.125.153.132/search?q=cache:MK8UqJHivPMJ:pksm.mercubuana.ac.id/new/elearning/files_modul/43005-4-919956809568.doc+klasifikasi+geodemografis&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar