Kamis, 31 Desember 2009

TUGAS METODE RISET 3

PENGARUH KUALITAS TEKNIK, KUALITAS FUNGSIONAL, DAN AKTIVITAS PEMASARAN TRADISIONAL TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT.TELKOM KANTOR DAERAH TASIKMALAYA


Oleh:

Kartawan, Toto Sugiharto, Sumarna


Latar Belakang dan Masalah


Mulai bulan Agustus 2002, hak monopoli PT.Telkom akan dicabut. Artinya keberadaan PT.Telkom di pasar tidak sendiri lagi sebab pencabutan hak monopoli berarti memberikan peluang kepada perusahaan lain untuk memasuki pasar. Disamping itu dengan dimulainya pasar bebas AFTA tahun 2003 jumlah pesaing bertambah. Menyadari hal tersebut PT.Telkom terus menerus berusaha membenahi diri agar tetap memenangkan persaingan dengan memberikan layanan terbaik dan mendapatkan citra baik perusahaan dimata konsumen, sebab menurut Suhartanto (1998) citra yang kurang baik akan menyebabkan konsumen tidak loyal dan pindah ke kompetitior.


Bebagai kegiatan telah dilakukan PT.Telkom seperti melakukan Penelitian Kepuasan Konsumen dan Penelitian Loyalitas Konsumen. Disamping itu dalam rangka membangun citra perusahaan, telah dilakukan berbagai kegiatan sosial seperti mambantu membangun berbagai fasilitas ibadat dan fasilitas umum, memberikan beasiswa, memberikan kredit usaha kecil dan sebagainya, Saat ini belum diketahui bagaimana citra PT.Telkom di mata konsumen dengan berbagai upaya-upaya yang telah dilakukan.

Masalah Penelitiannya adalah:

· Citra PT.Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Kandatel Tasikmalaya di hadapan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui.

· Pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT.Telkom Kantor Derah Telekomunikasi Tasikmalaya belum secara jelas diketahui.


Tujuan Penelitian


Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT.Telkom Kandatel Tasikmalaya serta untuk mengukur pengaruh dari kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT.Telkom Kandatel Tasikmalaya.


Hasil Penelitian


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) PT.Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya memiliki citra dalam kategori baik dihadapan pelanggannya, (2) Dimensi pada kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional berkolerasi positif dengan citra perusahaan, (3) Secara serempak kualitas teknik, fungsional dan pemasaran trdisional berpengaruh nyata terhadap citra perusahaan.


Metode Penelitian


Teknik Pengambilan Sampel


Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya, sebanyak 22.475 pelanggan. Kerangka pengambilan contoh diambil dari buku petunjuk telepon 2001/2002. Ukuran contoh ditentukan dengan menggunakan formulasi sebagai berikut (Zikmund, 1996):

n = N Dimana: n = Ukuran sampel yang diperlukan

1 + Ne2 N = Ukuran populasi

e2 = Tingkat kesalahan 10%

Menggunakan rumus diatas maka sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 100%.


Operasional Variabel


Variabel yang dikaji adalah kualitas teknik, kualitas fungsional, pemasaran tradisional dan citra perusahaan. Kualitas teknik berkaitan dengan fasilitas dan penampilan fisik dalam melayani konsumen. Variabel ini diukur dengan dimensi: penampilan fisik pegawai, penampilan fisik PT.Telkom Tasikmalaya, peralatan perusahaan, fasilitas fisik pelayanan, kenyamanan dan kebersihan, dan ketersediaan jaringan baru.


Kualitas fungsional adalah proses pelayanan berupa interaksi antara PT.Telkom dan pelanggan. Variabel ini diukur dengan dimensi: keramahan petugas, kesabaran dan kesopanan petugas, profesionalisme petugas, kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan dan kemudahan petugas untuk dihubungi bila konsumen mengalami masalah.


Pemasaran tradisional merupakan kegiatan promosi dan penetapan tarif. Variabel ini diukur dengan: iklan PT.Telkom, informasi dari mulut ke mulut, kegiatan sosial dan kewajaran tarif abudemen (pasang baru dan pulsa).


Analisis Data


Penelitian ini menggunakan kuisioner yang telah diuji, yakni uji validitas dan uji reabilitas. Kemudian untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran, data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regeresi dan korelasi.


Regresi: y = a + bx


Korelasi: y =





Analisis Koefisien Korelasi: KD = r2 x 100%



NILAI = 80

Tidak ada komentar:

Posting Komentar