Rabu, 30 Desember 2009

SEGMENTASI PASAR

Nissan NP300 Frontier Sasar Pasar Komersial


Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen. Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri. Dengan demikian yang semula pasarnya satu dan luas,kemudian dibagi-bagi atau disegmentasi oleh pemasar menjadi beberapa bagian pasar yang sifatnya homogen. Homogenitas pasar tersebut dicari dan ditentukan sendiri oleh pihak pemasar.


JAKARTA - Ada segmentasi pasar yang berbeda untuk dua kabin ganda Nissan. Bila Frontier Navara lebih menyasar kendaraan private use, maka NP300 Frontier dipersiapkan Nissan untuk kebutuhan komersial.


Demikian ditegaskan Deputy Director Sales & Marketing NMI Teddy Irawan, dalam siaran persnya yang diterima Okezone, Jumat (13/11/2009).


"Jika double cab sebelumnya, Frontier Navara merupakan kendaraan yang lebih sesuai untuk private use, maka NP300 Frontier merupakan kendaraan yang dipersiapkan untuk kebutuhan komersial tetapi tetap memiliki fitur keselamatan lengkap seperti ABS, Dual SRS Airbag dan side intrusion beam dengan harga yang kompetitif," kata Teddy.


Antara Navara dan NP300 juga menggunakan bodi dan sasis yang sama. Termasuk mesin 2.488 cc NP300 yang telah menggunakan YD25DDTi sama dengan Navara. Karena itulah, kata dia, kemampuan NP300 tak berbeda dibanding "saudaranya".


Meski menyasar kendaraan komersial untuk pertambangan, NP300 dibakelai interior yang modern dengan penggunaan AC, serta head unit double din yang mamapu memutar CD.


"Dengan harga yang kompetitif plus fitur-fitur canggih yang tersedia, NP300 Frontier merupakan mobil armada yang sangat value for money. Mobil ini sangat sesuai untuk perusahaan yang mementingkan keselamatan bekerja sekaligus kenyamanan," tambah Teddy.


Saya pribadi (niknok) hanya sedikit menambahkan, Perusahaan Nissan sudah cukup baik dalam proses segmentasi pasar, mereka pandai membidik sasaran dengan meluncurkan 2 unit produk sejenis dengan sasaran berbeda, yaitu untuk private use dan komersial pertambangan. Melihat saat ini makin banyaknya mobil dengan dua kabin yang berlalulalang di jalan raya, dengan demikian perusahaan berpeluang mendapatkan gain yang cukup besar.


Sumber :


Prasetyo Adhi – Okezone

http://autos.okezone.com/read/2009/11/13/52/275421/52/nissan-np300-frontier-sasar-pasar-komersial


SMA Kristen Cilacap

http://www.smakristencilacap.com/arti-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran/menetapkan-sasaran-pemasaran-melalui-segmentasi-pasar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar